Siapa yang belum mengenal taman wisata waduk Selorejo di kecamatan ngantang, kabupaten malang? Kini bukan hanya wisata air yang ditawarkan pengelola Selorejo. Banyak program wisata lainnya yang bisa dinikmati pengunjung waduk yang dikelola jasa tirta itu.

Begitu memasuki kawasan wisata yang mempunyai luas total sekitar 650 hektare tersebut, mata langsung dimanjakan oleh view yang menawan. Semakin nyaman karena pengunjung waduk yang dibangun pada 1962 tersebut juga meraskan kesejukan alami. Kesejukan hawa pegunungan. Maklum, kawasan wisata itu berada sekitar 1500 meter diatas permukaan laut (dpl).

Menikmati indah dan kesejukan Selorejo, pengujung mengeluarkan uang Rp 7500 untuk tiket masuk. Bagi yang punya hobi memancing, selorejo adalah salah satu surga para pemancing. Waduk tersebut tak pernah sepi ikan. Terutama jenis nila Tombro, Mujaer, Wader, Tawes dan Udang. Tak pernah habisnya stok ikan di Selorejo karena setiap tahunnya Jasa Tirta rutin menyebar sekitar 400 ribu sampai 500 ribu bibit ikan.

Ingin lebih jauh menikmati keindahan Selorejo, pengunjung bisa mengelilingi waduk dengan menggunakan perahudayung atau perahu mesin. Bila menggunakan perahu dayung, biayanya sekitar 10 ribu hingga 30 ribu. Tergantung berapa jauh jarak yang dirambah. Sedangkan bila menggunakan perahu motor, biaya yang diperlukan sekitar Rp50 ribu sampai Rp 100 ribu. Tak ada salahnya bila sudah menaiki perahu, sebaiknya mengunjungi pulau Jambu. Pulau ini berada ditengah-tengah waduk. Pulau seluas 7,5 hektare tersebut, terlihat hamparan pohon jambu. Sekitar 7 ribu pohon sepuluh persennya merupakan pohon Jambu merah yang dipercaya mampu menaikkan trombosit darah. Untuk menuju pulau Jambu dari dermaga dengan menggunakan perahu dayung, dibutuhkan sekitar 20 menit. Di pulau buatan tersebut, pengunjung dipersilahkan menikmati buah jambu sepuasnya di tempat hanya membayar Rp 1.000 untuk ticket masuk. Bila pengunjung ingin membawa keluar jambu, 3 buah dihargai Rp 1.000.

Bagi pengunjung yang hobi makan buah Durian, tidak sulit mencari tempat mencari tempat penjual Durian. Asalkan pintar menawar, Durian murah bisa disantap atau dibuat oleh-oleh. Pengunjung yang masih ingin berlama-lama menikmati indahnya wisata alam Selorejo jangan khawatir tak kebagian tempat.

Bagi yang suka berpetualang, pengelola sudah menyediakan kawasan untuk camping sekitar 8 hektare. Bahkan ada area untuk hiking gunung seberang waduk. Di kawasan ini, tersedia banyak penginapan. Pengelola Selorejo membangun cottage dan wisma dengan jumlah kamar sekitar 101 buah. Untuk cottage, fasilitasnya hampir menyamai hotel bintang tiga. Guna meningkatkan layanannya, sebelum pertengahan semester ini, pengelola mengebut pembangunan hotel 14 kamar dan membangun ruang pertemuan yang baru. Selain mengandalkan view, Selorejo juga mempunyai andalan jenis wisata lainnya yakni outbond. Wisata ini banyak dimanfaatkan instansi pemerintah atau swasta dari Surabaya yang mengadakan outbond di Selorejo.

Source : Wisata Malang

Kamis, 30 Juli 2009 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Wisata Air Selorejo, Kab. Malang, Jatim"

Write a comment