Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di jantung Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lembah ini memanjang dan berkelok dari selatan Ngarai Koto Gadang sampai ke Ngarai Sianok Enam Suku, dan berakhir di Palupuh.

Jurang ngarai dalamnya sekitar 100 m yang membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan satu wilayah menjadi dua bagian (Patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal).


Keistimewaan

Kendati sebagian dindingnya pernah runtuh akibat gempa pada tahun 2007, Ngarai Sianok masih tetap menarik dan tidak kehilangan daya eksotiknya. Bahkan pada tahun itu juga, Ngarai Sianok ditetapkan sebagai best tourism object (objek wisata terbaik) pada penghargaan Padang Tourism Award (PTA) 2007 di Padang.

Dilembah Ngarai Sianok mengalir sungai Sianok yang cukup jernih. Sungai tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan olah raga seperti kano, arung jeram dan kayak. Sungai ini bermuara di Samudera Hindia.

Di tepian sungai masih banyak dijumpai tumbuhan langka seperti bunga Raflesia dan tumbuhan obat-obatan. Sedangkan di dalam hutan di lembah ngarai terdapat beberapa fauna liar yang masih bisa ditemui seperti monyet ekor panjang, siamang, simpai, rusa, babi hutan, macan tutul dan tapir.


Lokasi

Ngarai Sianok terletak di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Indonesia.


Akses

Untuk mencapai lokasi ini para wisatawan dapat menggunakan jalur darat. Dari Kota Padang ke Bukittinggi, perjalanan dapat ditempuh selama lebih kurang 2 jam perjalanan dengan menggunakan angkutan umum, dengan ongkos antara Rp 15.000-Rp 20.000 per orang (Februari 2008). Setelah sampai di Kota Bukittinggi, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota ke lokasi Ngarai Sianok. Untuk mengantisipasi supaya tidak berganti-ganti mobil, para wisatawan dianjurkan untuk menggunakan jasa travel, mobil pribadi atau mobil sewaan yang bisa langsung menuju ke objek wisata.


Akomodasi

Ngarai Sianok terletak di tengah Kota Bukittinggi. Di kota ini terdapat hotel yang nyaman untuk tempat menginap bagi para wisatawan yang datang dari luar kota. Jenis hotel bervariasi mulai dari tarif murah hingga sangat mahal. Untuk masalah makanan para wisatawan dimanjakan oleh berbagai aneka masakan Padang. Nasi Kapau menjadi salah satu menu yang menarik untuk dicoba yang berada di Pasar Lereng (di samping Pasar Atas).

Source : Wisata Melayu

Sabtu, 01 Agustus 2009 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Ngarai Sianok, Kota Bukittinggi & Kab. Agam, Sumbar"

Write a comment