Way Kambas adalah tempat pusat latihan gajah-gajah Sumatera dan merupakan pusat latihan gajah pertama di Indonesia. Di tempat ini gajah-gajah liar Sumatera dilatih dan dimanfaatkan untuk pertunjukan seperti permainan sepak bola, berenang, dan lain sebagainya.

Pengunjung dapat menunggang gajah dengan didampingi oleh pelatih gajah untuk jalan-jalan di sekitar area atau di tengah hutan.


Keistimewaan


Di Way Kambas, gajah yang semula menjadi hama dan musuh bagi petani, diubah dengan cara melatih untuk menjadi gajah yang jinak, patuh dan penurut. Atraksi yang dipertunjukkan oleh gajah-gajah Way Kambas ini sangat unik, menggelikan dan terkadang mendebarkan.

Dalam permainan bola, gajah-gajah tersebut diberi fasilitas bola kulit berukuran besar dan gawang. Sedangkan pada saat menari, gajah-gajah tersebut diiringi dengan lagu jaipong atau dangdut, sehingga terlihat lucu karena mereka bisa menggoyangkan pinggulnya layaknya gaya seorang penari. Untuk pertunjukan yang mendebarkan, pengunjung bisa berbaring di tanah lalu gajah akan melangkah di atas tubuh yang berbaring tersebut.


Lokasi


Taman Nasional Way Kambas terletak di Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Timur, Propinsi Lampung, Indonesia.


Akses

Untuk mencapai Way Kambas hanya membutuhkan waktu 2 jam dari Kota Bandar Lampung. Jalan beraspal dalam kondisi bagus. Tersedia jaringan transportasi yang memadai dan setiap saat ada kendaraan umum. Ongkos menuju Way Kambas hanya sekitar Rp 7.000 dari Bandar Lampung.


Tiket Masuk


Sedang dalam konfirmasi


Akomodasi dan Fasilitas Lain


Sedang dalam proses pengumpulan data


Source : Wisata Melayu

Rabu, 05 Agustus 2009 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "Taman Nasional Way Kambas, Kab. Lampung Timur&Tengah, Propinsi Lampung"

Write a comment